Usai Digempur, Hamas Kirim Lebih Banyak Balon Api Kewilayah Israel

Ilustrasi (dok. BBC World)

Lensanangroe.com | Tel Aviv Gerilyawan Palestia kembali melancarkan serangan balon-balon api dari wilayah Jalur Gaza, beberapa jam setelah Israel merespons serangan balon api sebelumnya dengan serangan udara pada Rabu (16/6) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Kamis (17/6/2021), serangan udara Israel dan balon api dari Palestina ini menandai gejolak besar pertama antara Israel dan Gaza sejak gencatan senjata pada 21 Mei lalu mengakhiri 11 hari pertempuran sengit antara Israel dan kelompok Hamas yang menguasai Gaza. Pertempuran sengit tersebut menewaskan 260 warga Palestina dan 13 orang di Israel.

Juru bicara departemen pemadam kebakaran Israel menuturkan kepada AFP bahwa timnya sedang menangani 'empat kebakaran yang dipicu oleh balon-balon yang diluncurkan pada Rabu (16/6) sore dari Jalur Gaza', yang menandai hari kedua kebakaran semacam itu melanda Israel.

Terakhir kalinya, bentrokan semacam itu di Yerusalem Timur berujung konflik berdarah selama 11 hari antara Israel dengan kelompok Hamas yang menguasai Gaza.

Sebelumnya, militer Israel menyatakan pihaknya merespons serangan balon api ke wilayahnya pada Selasa (15/6) waktu setempat, dengan mengerahkan 'jet-jet tempurnya menyerang markas militer milik organisasi Hamas' pada Rabu (16/6) pagi waktu setempat.

Simak video 'Israel Gempur Lagi Gaza, Balas Serangan Balon Api!':

Menurut sumber-sumber Palestina, Angkatan Udara Israel pada Rabu (16/6) menargetkan setidaknya satu lokasi di timur kota Khan Younes, Gaza selatan. Serangan udara Israel ke Gaza tersebut menjadi yang pertama di bawah pemerintahan baru Israel yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Naftali Bennet

Tidak ada indikasi korban jiwa dari serangan itu.

Militer Israel menambahkan bahwa pihaknya 'bersiap untuk skenario apapun, termasuk dimulainya kembali pertempuran' jika ada serangan lebih lanjut dari Gaza.[*]

Sumber: Tim Detikcom-Detiknews

Post a Comment

Previous Post Next Post