foto istimewa

Lensananggroe.com – Seorang lansia di Dusun Tani Jaya, Gampong Birem Rayeuk, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Abu Bakar (70) luput dari perhatian kita dan juga Pemerintah, Minggu (13/6/2021).

Lansia di Birem Bayeun yang sering di sapa Wak Abu itu tinggal di rumah miliknya di sebuah kebun sawit. Kini rumah yang dihuni nya itu semakin lapuk dan reot, samasekali tidak layak huni.

Parahnya, Wak Abu hanya tinggal sebatang kara. Sementara rumah yang dihuni nya itupun menumpang di kebun sawit milik warga setempat.

Disaat hujan deras, dalam tidurnya Wak Abu terimbas rintisan hujan serta dinginnya angin malam yang menembus dinding rumah nya.

Keuchik Birem Rayeuk, Ismail mengatakan, dari dulu Wak Abu sudah tinggal di rumah itu, dan tanah pun beliau tak punya.

“Sebelum saya menjabat sebagai kepala Desa Birem Bayeun, dari dulu kehidupan beliau sudah sangat memprihatinkan,” ujar Ismail selaku Keuchik.

Ismail menambahkan, saya sangat berharap Pemerintah Aceh Timur dapat membantu wak Abu yang kini kehidupannya butuh uluran tangan. 

Lanjutnya, sudah berjalan 3 bulan menjabat sebagai kepala Desa Birem Bayeun, sudah pernah saya masukkan nama beliau sebagai penerima rumah bantuan. Namun, yang bisa di bantu hanya rumah rehab saja, seharusnya rumah bantuan.

Apalagi maraknya Covid-19, sesuai dengan Perbup, yang berhak menerima bantuan dari pemerintah bagi yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

“Jika Pemerintah Aceh Timur bersedia memberi bantuan rumah, maka secara pribadi, kami siap mencari tanah untuk membangun sebuah rumah untuk beliau,” pungkasnya.[]