Golongan Darah O Sering Digigit Nyamuk, Mungkin Ini yang Disebut Darah Manis? Berikut Penjelasannya..

LENSANANGGROE.com — Nyamuk sering kali muncul ketika mulai memasuki musim kemarau, apalagi Indonesia adalah negara tropis.
Ternyata, beberapa tipe orang sering disukai nyamuk. Salah satunya adalah orang yang memiliki golongan darah O.

Namun sebenarnya, terdapat beberapa penyebab yang membuat nyamuk memilih orang-orang tertentu untuk digigitnya.

Berikut beberapa penyebabnya, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (21/7/2021).

1. Karbon dioksida dan keringat

Nyamuk dapat mendeteksi perubahan karbon dioksida di lingkungannya. Peningkatan karbon dioksida bisa menjadi sinyal kepada nyamuk bahwa ada inang potensial di dekatnya.

2. Mengenakan pakaian berwarna gelap 

Penelitian telah menunjukkan bahwa nyamuk tertarik pada warna hitam ataupun warna-warna gelap lainnya. Sayangnya, tidak diketahui mengapa mereka menyukai hal tersebut. 

3. Sedang hamil

Hamil juga termasuk kondisi yang disukai oleh serangga kecil pengisap darah itu. 

Pasalnya, dilansir dari laman resmi Perhimpunan Entomologi Indonesia, ibu hamil mengeluarkan 21 persen karbon dioksida lebih banyak ketimbang mereka yang tidak hamil. Tak hanya itu, suhu tubuh ibu hamil juga lebih hangat 0,7 derajat.

4. Sering meminum alkohol

Terdapat penelitian yang melaporkan bahwa orang yang mengonsumsi minuman beralkohol akan lebih menarik perhatian nyamuk ketimbang mereka yang tidak.

Sebab, alkohol dapat meningkatkan etanol pada keringat sekaligus menaikkan suhu tubuh.

5. Bakteri di kulit

Penelitian pada tahun 2011 mengatakan bahwa kaki merupakan area tempat tinggal dari koloni bakteri tertentu. 

Hal tersebut yang menyebabkan nyamuk lebih suka menggigit dan mengisap darah di bagian tubuh yang paling banyak mengandung bakteri, yakni kaki.

Golongan Darah O Rentan Digigit Nyamuk

Dalam Journal of Medical Entomology (2014), ditemukan fakta bahwa orang memiliki golongan darah O lebih berisiko digigit nyamuk ketimbang mereka yang memiliki golongan darah A. Sementara, golongan darah B menempati posisi kedua. 

Penyebabnya diduga karena orang-orang dengan golongan darah O dan B lebih sering mengeluarkan sinyal kimia tertentu, sehingga nyamuk lebih tertarik.

Golongan darah O bisa memproduksi senyawa asam dan molekul lebih banyak dari tubuhnya bila dibandingkan dengan golongan darah lain.

Nyamuk sendiri sering mendeteksi mangsanya menggunakan sinyal yang dimilikinya melalui aroma.Ini dikarenakan nyamuk memiliki sebuah organ yang bernama maxillary palp, yakni organ yang bisa melihat awan karbondioksida sebelum memangsa korbannya.

Lakukanlah beberapa upaya agar Anda terhindar dari gigitan hewan tersebut, antara lain:

1. Oleskan losion anti nyamuk.

2. Gunakan pakaian berlengan panjang dan celana panjang. Usahakan juga warnanya tidak terlalu gelap. 

3. Nyamuk paling aktif di pagi dan sore hari. Jadi, pada waktu ini, hindari beraktivitas di ‘lingkungan bernyamuk’, seperti kebun atau ruangan yang kotor. 

Jika sudah telanjur digigit, sebaiknya jangan digaruk terlalu kuat agar tidak menimbulkan bekas. Lebih baik, aplikasikan kompres dingin atau oleskan lotion kalamin.

Itulah penjelasan mengenai golongan darah O yang rentan digigit nyamuk beserta cara pencegahan dan cara mengatasi.[]

Herstory.co.id

Post a Comment

Previous Post Next Post