Kasus Cut Bul Selebgram Aceh Sudah Berakhir Damai

 


ACEHSATU.COM | BANDA ACEH — Cut Bul, Selebgram Aceh yang memiliki nama lengkap Cut Wahyuni Rosita diadili dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan pemotor tewas.

Penasihat Hukum Terdakwa Cut Bul Erlizar Rusli, SH., M.H dan Arief Hamdani, SH., C.L.A dalam pernyataan tertulis kepada ACEHSATU.com, Jumat (1/10/2021), menanggapi berita ACEHSATU berjudul “Cut Bul Dituntut 1 Bulan Penjara.”

Dikatakan, bahwa sebelum kasus ini naik ke pengadilan sudah ada perdamaian antara terdakwa dengan keluarga korban yaitu suaminya yang di tandatangani oleh kedua belah pihak dan disaksikan oleh keuchik.

Namun dalam hukum berdasarkan KUHP dan KUHAP perdamaian tidak menghapus tindak pidana.

Fakta persidangan terungkap berdasarkan keterangan saksi yaitu penyidik satuan lalu lintas Polresta Banda Aceh bahwa kelalaian itu bukan semata dilakukan oleh terdakwa  Cut Bul melainkan saksi korban juga lalai dalam kecelakaan lalu lintas tersebut.

Erlizar Rusli menambahkan, karena saksi korban sudah meninggal dalam hukum tidak bisa ditetapkan menjadi tersangka apalagi terdakwa tegas penasihat hukum terdakwa Cut Bul.

Sebelumnya diberitakan, Cut Bul, Selebgram Aceh yang memiliki nama lengkap Cut Wahyuni Rosita diadili dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan pemotor tewas.

Dia dituntut hukuman 1 bulan penjara.

Dikutip dari laman resmi Pengadilan Negeri Banda Aceh, Jumat (1/10/2021), kejadian bermula saat Cut Bul melintas dengan menggunakan mobil Honda Civic berpelat BL-1584-FQ pada 16 Oktober 2020.

Dia disebut melaju dengan kecepatan 30 kilometer/jam dari arah Simpang Jambotape menuju Simpang Mesjid Oman. Tak jauh dari lampu merah Simpang Masjid Oman, Cut Bul hendak mengambil lajur kanan.

Namun Cut Bul diduga kurang memperhatikan jarak aman sehingga menyenggol pemotor Laila Henita.

Akibat kejadian tersebut, Laila terjatuh ke aspal dan menyebabkan luka di kepala. Laila meninggal dunia. Kasus itu kemudian diproses hukum dan berkas perkara dilimpahkan 10 bulan kemudian.

Cut Bul Selebgram Aceh

Selebgram Cut Bul dan barang bukti berupa mobil diserahkan ke Kejari Banda Aceh, Kamis (5/8) lalu. Meski jadi tersangka, Cut Bul tidak ditahan dalam kasus itu.

Dalam persidangan, Cut Bul didakwa melanggar Pasal 310 ayat (4) UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. JPU membaca tuntutan terhadap Cut Bul, Rabu (22/9) lalu.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Cut Wahyuni Rosita Binti TM Rasyid dengan pidana penjara selama satu bulan. Menyatakan barang bukti berupa satu unit mopen Honda Civic BL-1584-FQ (BL-1-CB) dikembalikan kepada terdakwa Cut Wahyuni Rosita Binti TM Rasyid,” tuntut Jaksa. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post